Pemain ski AS Hillary Nelson dikremasi oleh seorang Sherpa setelah kehilangan nyawanya di Himalaya. Aktivitas olahraga yang berlebihan

Pemain ski terkenal AS yang jatuh karena kehilangan nyawanya dari salah satu gunung tertinggi di dunia itu diberi pemakaman standar pada hari Minggu di sebuah krematorium Sherpa.

Seorang biksu Buddha yang memimpin upacara-upacara yang dihadiri oleh rumah tangga, teman dan pejabat otoritas.

Hilary Nelson, 49, jatuh minggu lalu saat bermain snowboarding dengan rekan Jim Morrison dari puncak Gunung Manaslu setinggi 26.775 kaki, gunung tertinggi kedelapan di dunia.

Tubuh Nelson dibawa ke krematorium Sherpa di Kathmandu, dari kamar mayat rumah sakit di belakang sebuah truk terbuka, dihiasi dengan poster dan karangan bunga.

Rumah tangga, teman-teman, pendaki dan petugas otoritas berkumpul di rumah duka untuk meletakkan bunga dan selendang di tempat tinggalnya, yang telah diposisikan di tumpukan kayu bakar. Biksu Buddha memainkan alat musik dan menyalakan kayu sambil melantunkan doa sedangkan pelayat menyalakan dupa.

Keluarga dan teman-teman berduka atas meninggalnya Hillary Nelson di Kathmandu pada hari Minggu. Foto: Anadolu Company/Getty

Keluarga Nelson telah terbang ke Kathmandu untuk menghadiri pemakaman.

Dia hilang pada 26 September dan penyelamat yang mencari dengan helikopter menemukan fisiknya dua hari kemudian, yang dibawa ke Kathmandu. Iklim yang tidak sehat menghambat pencarian awal.

Pendaki Gunung Manaslu bertahan dari iklim yang tidak sehat dan sering terjadi longsor. Pada hari Nelson jatuh, longsoran salju terjadi di ketinggian yang lebih rendah di gunung yang sama, menewaskan seorang pria Nepal dan melukai sejumlah pendaki lain.

Tersenyumlah dengan peralatan panjatHillary Nelson. Foto: Nick Kalisz/Fb

Sekelompok pendaki dan pemandu asli mencoba untuk mencapai gunung tertinggi selama musim pendakian musim gugur di Nepal.

Nelson, dari Telluride, Colorado, dan Morrison, dari Tahoe, California, adalah pemain ski tinggi yang mencapai puncak Gunung Lhotse, gunung tertinggi keempat di dunia, pada tahun 2018.

Pihak berwenang Nepal telah mengeluarkan izin untuk 504 pendaki sepanjang musim pendakian musim gugur ini. Kebanyakan mendaki Gunung Manaslu.

Author: Joshua Moore